Narasi Muslim

Blogger Muslim Sejati

Blogger Muslim Sejati

Sunday, July 22, 2018

NIkmat Adalah Salah Satu Sebuah Ujian Dari Allah SWT

“….ini termasuk karunia Rabbku untuk mencoba aku, apakah bersyukur atau mengingkari akan nikmatNya.” (QS.An Naml : 40)
Masih ingatkah dengan kisah Nabi Sulaiman? Seorang Nabi dan Raja yang sangat hebat & menakjubkan.
Allah memberinya kerajaan yang tidak diberikan kepada siapapun sesudahnya. Ia memahami bahasa binatang, bangsa jin tunduk bahkan menjadi bala tentaranya, angin juga Allah tundukkan buatnya, dan berbagai nikmat yang lainnya yang tak dapat dihitung lagi.
Ketika ia mendengar ratu semut berbicara kepada rakyatnya, sebagaimana Allah ceritakan di dalam surah An Naml ayat 18, beliau tersenyum mendengarkan ucapannya dan langsung ingat kepada Allah Sang Pencipta Yang Maha Kuasa, yang telah memberinya nikmat tersebut seraya berdoa yang artinya, “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku & kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.
Nikmat Allah begitu Besar & tanpa pertolonganNya tidak mungkin ia dapat mensyukurinya. Nabi Sulaiman tidak lupa daratan dengan kehebatannya, Ia sama sekali tidak congkak dan sombong, bahkan ia merendahkan dirinya depan Allah.
Dan ketika ia meminta agar singgasana ratu balgis dihadirkan ke istananya, sebelum matanya berkedip, singgasana itu telah hadir.
Dari jarak yang sangat jauh, Ribuan kilometer antara Yaman-Yerusallem. Dia sadar, bahwa yang terjadi adalah karunia Allah, Dan nikmat itu adalah bentuk ujian dariNya. Tidak seperti sebagian yang memandang ujian hanya yang bentuknya musibah.
Maka Nabi Sulaiman langsung berkata,
هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ 
“Ini termasuk karunia Rabbku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya).” (An Naml: 40)
Maka bila kau memperoleh nikmat, kesuksesan atau apa saja, sehingga kau merasa hebat, Ketahuilah bahwa dirimu sedang dalam ujian, Berapa banyak yang tidak lulus ketika diuji dengan kenikmatan dunia. Karena dunia membuatmu jauh dan lupa dari sang Pemberi
Semoga engkau bukan salah satunya.

No comments:

Post a Comment